Partnership

yayasan kalla

Publikasi

My MAPS Location

 

 

Statistik Pengunjung

1153661
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
256
620
1698
1150719
6801
13248
1153661

Your IP: 54.242.75.224
2024-03-19 09:51

Pelaporan Kerjasama Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2019

Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta

Kemristekdikti mewajibkan kepada seluruh perguruan tinggi agar menyampaikan laporan kerjasama yang telah dilakukan, baik kerjasama bidang akademik antar perguruan tinggi maupun kerjasama bidang akademik antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan/atau pihak lain.

Selain itu, kami mohon Saudara dapat melaporkan kerjasama perguruan tinggi yang telah dilakukan melalui  sistem pelaporan kerjasama perguruan tinggi secara elektronik yang telah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Kelembagaan, Iptek, dan Dikti, Kemristekdikti pada laman: http://laporankerma.ristekdikti.go.id

Panduan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan

Program pengadaan guru yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) meliputi pendidikan akademik atau Program Sarjana Pendidikan dan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan untuk membentuk kesiapan sebagai calon pendidik, maka mahasiswa Program Sarjana Pendidikan diberikan program pemagangan di sekolah yang disebut dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan. Pengenalan Lapangan Persekolahan yang selanjutnya disingkat PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

Dengan terbitnya Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, semua LPTK perlu segera melakukan rekonstruksi pendidikan baik pada Program Sarjana Pendidikan maupun Program PPG. Untuk memberikan acuan kepada LPTK dalam mengimplementasikan Standar Pendidikan Guru khususnya tentang PLP diperlukan Panduan Penyelenggaraaan PLP. Oleh karena itu, Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyusun Panduan Program PLP yang dapat digunakan sebagai acuan bagi LPTK untuk menyelenggarakan program PLP.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Tim Penyusun Panduan ini atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi dan kepada semua pihak yang telah memberikan masukan yang berharga dalam memperkaya pengetahuan, wawasan, keahlian khususnya yang terkait dengan Program PLP untuk Program Sarjana Pendidikan.

Direktur Pembelajaran

ttd

Paristiyanti Nurwardani

Lampiran :

Panduan PLP